Apa sih yang dimaksud Perancangan produk dan jasa?
Produk adalah
segala sesuatu yang ditawarkan kepada suatu pasar untuk memenuhi keinginan atau
kebutuhan . Segala sesuatu yang termasuk ke dalamnya adalah barang berwujud,
jasa, events, tempat, organisasi, ide atau pun kombinasi antara hal-hal yang
baru saja disebutkan. Dan jasa merupakan sesuatu yang termasuk ada dalam
produk.
Perencanaan dan
perancangan produk adalah satu set kegiatan yang dimulai dari timbulnya
persepsi bahwa ada kesempatan (opportunity) di pasar, dan berakhir dengan
produksi, penjualan, dan pengiriman produk. Dalam seri tulisan ini, produk yag
akan dibahas akan diberi batasan sebagai berikut : hasil rekayasa (engineered),
diskrit, dan mempunyai bentuk fisik. Walaupun begitu, banyak bagian dari kuliah
ini yang secara prinsip dapat diterapkan pada setiap produk secara umum.
Berdasarkan
fungsinya produk dibedakan menjadi tiga level. Level pertama adalah core
product yaitu suatu produk yang fungsinya merupakan alasan dasar konsumen untuk
membelinya. Contoh sederhana dari core product adalah pakaian, fungsinya
dasarnya untuk melindungi tubuh manusia. Actual product adalah fitur-fitur yang
ada pada produk untuk menambah nilainya. Misal desain yang menarik, nama merk,
dan kemasan. Augmented product adalah tambahan manfaat-manfaat yang tidak
terpikirkan oleh konsumen tapi akan memberi kepuasan bagi mereka, seperti
garansi.
Lalu Apa Analisa trend produk dan jasa?
Analisis trend
merupakan suatu metode analisis yang ditujukan untuk melakukan suatu estimasi
atau peramalan pada masa yang akan datang. Untuk melakukan peramalan dengan
baik maka dibutuhkan berbagai macam informasi (data) yang cukup banyak dan
diamati dalam periode waktu yang relatif cukup panjang, sehingga dari hasil
analisis tersebut dapat diketahui sampai berapa besar fluktuasi yang terjadi
dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi terhadap perubahan tersebut.
Secara teoristis, dalam analisis time series yang paling menentukan adalah
kualitas atau keakuratan dariinformasi atau data-data yang diperoleh serta
waktu atau periode dari data-data tersebut dikumpulkan.
Jadi analisa
trend produk dan jasa adalah suatu bentuk analisis yang menggunakan estimasi
atau peramalan pada masa yang akan datang sehingga tahu apa saja yang menjadi
kebutuhan serta keinginan pasar dan menjadi potensi untuk dijadikan peluang
usaha atau bisnis yang menjajikan untuk kita kembangkan.
Kemudian yang dimaksud inovasi terhadap produk dan jasa?
inovasi produk
dan jasa dapat diartikan sebagai suatu pemecahan masalah untuk semua fungsi
manajemen (pemasaran, produksi, keuangan, dan sumberdaya manusia) atau segala
usaha yang dilakukan sebuah perusahaan untuk membuDi dalam persfektif
pemasaran, maka inovasi harus mampu menciptakan 4P yang lebih baik: yaitu harga
yang lebih kompetitif (Price), produk
yang lebih baik mutunya (Product),
konsumen mudah memperoleh produk tersebut (Place),
perusahaan mampu mengkomunikasikan produk sehingga konsumen mengenal produk
tersebut
Inovasi akan
menciptakan produk yang berbeda dari pesaing, sehingga perusahaan dapat
melakukan "product differentiation"
kepada konsumen. Perusahaan yang terus menerus mampu menciptakan "product differentiation" melalui
inovasi dan mampu mengkomunikasikan produk baru tersebut ke konsumen sehingga
konsumen memandang produk tersebut
sebagai produk yang berbeda dari produk pesaing maka pada hakekatnya
perusahaan tersebut telah melakukan penetrasi pasar dan memenangkan persaingan.
Inovasi yang menghasilkan produk baru dengan karakteristik kualitas lebih baik
dan harga lebih rendah dari pesaing akan menarik konsumen yang sensitif
terhadap harga. Konsumen tersebut akan meninggalkan produk pesaing dan beralih
kepada produk yang innovatif tersebut.
Inovasi juga
dapat dipandang sebagai kemampuan perusahaan untuk memprediksi apa yang
dibutuhkan konsumen, mampu memprediksi selera, keinginan dan tren konsumen,
selanjutnbya erusahaan harus mampu membuat produk yang sesuai dengan kebutuhan
dan selera konsumen tersebut lebih dahulu dibandingkan perusahaan pesaing.
Kunci dari inovasi adalah sumberdaya manusia yang menggerakkan perusahaan
tersebut. Perusahaan membutuhkan sumberdaya manusia yang terus menerus mampu
berkreatifitas untuk menciptakan produk baru dan meningkatkan kualitas produk.
Perusahaan membutuhkan sumberdaya manusia yang mampu berpikir analitis dan
kritis dalam memprediksi kebutuhan, selera, keinginan, dan tren konsumen,
sehingga mereka dapat merespons konsumen dengan membuat produk yang tepat bagi
konsumen.at perusahaan menjadi lebih efisien dan efektif sehingga menghasilkan
produk yang lebih baik dari pesaing dan dapat dijual dengan harga yang lebih
kompetitif. Inovasi tersebut harus mampu membuat produk berbeda di mata
konsumen sehingga konsumen lebih tertarik membeli produk tersebut dibandingkan
produk pesaing.
Bagaimana maksud dari rencana pemasaran?
Rencana
merupakan suatu tindakan dimana kita akan menentukan dengan tepat apa yang akan
dilakukan organisasi untuk mencapai tujuannya yang berarti dalam hal ini adalah
untuk mewujudkan tujuann dari pemasaran yang akan kita terapkan. Rencana
pemasaran dibuat dengan memperhatikan aspek – aspek yang ada di dalam system
pemasaran.
Perencanaan
pemasaran (marketing planning) adalah suatu bagan dari suatu desain untuk
mencapai suatu tujuan. Tujuannya adalah untuk menciptakan nilai bagi konsumen
dalam kondisi tetap menguntungkan perusahaan atau dalam konsep pemasaran saat
ini, suatu hubungan yang saling menguntungkan. Rencana pemasaran merangkum
kebutuhan dan keinginan pasar, kekuatan dan kelemahan perusahaan dan para
pesaing saat ini atau yang diperkirakan, dan desain untuk menciptakan nilai
guna memuaskan kebutuhan dan keinginan konsumen dalam kondisi tetap untung.
Rencana pemasaran berisikan rencana tindakan (siapa yang melakukan apa dan
kapan), visi, tujuan strategis, tujuan, serta sasaran. Proses ini dapat
didefinisikan sebagai perencanaan pemasaran, yang merupakan penerapan sumber
daya pemasaran untuk mencapai tujuan pemasaran.
Dengan
demikian, perencanaan pemasaran hanyalah sekedar urutan logis tindakan-tindakan
yang membawa pada penetapan tujuan pemasaran dan pemformulasian rencana untuk
mencapainya. Perusahaan biasanya melakukan suatu proses manajemen dalam
mengembangkan rencana pemasaran.
strategi dan taktik pemasaran
Strategi
pemasaran merupakan rencana yang terpadu sebagai dasar tindakan yang
mengarahkan kegiatan pemasaran kepada pasar sasaran dengan mengembangkan
program pemasaran untuk mencapai tujuan
pemasaran. Untuk berhasilnya strategi pemasaran yang dijalankan, dibutuhkan 2
(dua) hal yang sangat penting dan saling berkaitan, yaitu: (1) target pasar
yang dituju, (2) bauran pemasaran yang dijalankan untuk mencapai target pasar
tersebut.
Ciri
penting rencana strategis pemasaran perusahaan ini adalah sebagai berikut:
a.
Titik-tolak penyusunannya melihat perusahaan secara keseluruhan
b.
Diusahakan dampak kegiatan yang direncanakan bersifat menyeluruh
c.
Dalam penyusunannya diusahakan untuk memahami kekuatan yang mempengaruhi
perkembangan perusahaan
d.
Jadual waktu/timing yang ditentukan adalah yang sesuai dan mempertimbangkan
fleksibilitas dalam menghadapi perubahan, dan
e.
Penyusunan rencana dilakukan secara realistis dan relevan dengan lingkungan
yang dihadapi.
Apa yang dimaksud dengan bauran pemasaran?
Bauran
pemasaran merupakan seperangkat alat pemasaran yang digunakan perusahaan untuk
mencapai tujuan pemasaran dalam memenuhi target pasarnya.
Bauran pemasaran memiliki
empat variabel yang dikenal dengan istilah “4 P” (product, price, promotion,
and place) yang saling berkaitan satu sama lain. penjelasan mengenai
variabel-variabel bauran pemasaran adalah sebagai berikut:
a) Produk (product)
Produk adalah
segala sesuatu yang dapat ditawarkan kepada pasar untuk diperhatikan, diperoleh
digunakan atau dikonsumsi sehingga dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan
konsumen.
b) Harga
(price)
Harga merupakan jumlah
uang yang harus dibayarkan oleh konsumen untuk mendapatkan suatu produk. Harga
diukur dengan nilai yang dirasakan dari produk yang ditawarkan jika tidak maka
konsumen akan membeli produk lain dengan kualitas yang sama dari penjualan
saingannya. Harga adalah satu-satunya alat bauran pemasaran yang digunakan
perusahaan untuk mencapai sasaran pemasarannya. Keputusan harga harus
dikoordinasikan dengan rancangan produk, distribusi dan promosi yang membentuk
program pemasaran yang konsisten dan efektif.
c) Tempat (place)
Tempat termasuk aktivitas
perusahaan untuk membuat produk tersedia bagi konsumen sasaran. Keputusan
mengenai tempat sangat penting agar konsumen dapat memperoleh produk yang
dibutuhkan tepat pada saat dibutuhkan.
d) Promosi
(promotion)
Promosi merupakan
kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan untuk mengkomunikasikan manfaat dari
produk atau jasa dan meyakinkan konsumen sasaran tentang produk yang mereka
hasilkan.
Variabel-variabel bauran
pemasaran tersebut dapat dipakai sebagai dasar untuk menetapkan suatu strategi
dalam usaha untuk mendapatkan posisi yang kuat di pasar. Tetapi dalam
pelaksanannya, bauran pemasaran tersebut harus dapat disesuaikan dengan kondisi
yang ada atau bersifat fleksibel.
Pustaka :
- http://www.wealthindonesia.com/lain-lain/bauran-pemasaran-marketing-mix.html
(diakses 27 Maret 2013)
- http://elearning.gunadarma.ac.id/docmodul/kewirausahaan/bab7-rencana_rencana_pemasaran.pdf
- http://agrimedia.mb.ipb.ac.id/uploads/doc/2010-07-07_ujang-INOVASI_PRODUK,_KEPUASAN_KONSUMEN_DAN_LOYALITAS_KONSUMEN_SEBAGAI_PENENTU_PERTUMBUHAN_PERUSAHAAN.doc
- http://id.shvoong.com/business-management/marketing/1911804-definisi-produk/#ixzz2OjxRMOOY
- http://ml.scribd.com/doc/48417459/ANALISIS-TREND
Tidak ada komentar:
Posting Komentar